Bramuda’s Blog

Brand Communication part 1

Posted on: November 15, 2008

”Brand Communication”

Oleh
Dr Asto S Subroto

Pelanggan sangat paham bahwa brand merupakan cerminan dari seberapa baik kualitas dari servis dan produk. Seberapa jelas diferensiasi dan positioning-nya. Dan berakhir pada seberapa besar total value yang bisa didapatkan pelanggan, baik itu keuntungan ekonomi maupun emosional.
Oleh karena itu, saat ini brand communication menjadi sebuah solusi jitu yang harus dilakukan agar pangsa pasar produk Anda bisa meningkat signifikan. Dan tentunya, solusi ini juga perlu dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh elemen yang ada dalam perusahaan Anda.
Brand communication yang perlu dilakukan terdiri dari brand visualization dan brand activation. Brand visualitation adalah bentuk komunikasi brand melalui proses visualisasi sehingga mudah dipahami dan diingat pelanggan secara cepat. Langkah ini bertujuan menciptakan memori kuat di benak pelanggan terhadap karakter brand perusahaan Anda.

”Brand Visualization”
Setidaknya ada dua usaha yang perlu dilakukan dalam menciptakan memori brand yang kuat di benak pelanggan melalui proses visualisasi brand. Antara lain, dengan logo dan promosi melalui iklan.
Logo memegang peranan sangat penting. Salah satu kemampuan tercepat manusia dalam memahami sesuatu adalah melalui visualisasi gambar atau lambang yang diterjemahkan sebagai logo. Untuk itu, visi perusahaan akan menjadi lebih cepat dipahami melalui peranan logo ini.
Salah satu contoh sukses dari penciptaan brand melalui logo adalah BNI. Di awal tahun 2004, BNI mengubah logonya. Hal ini dilakukan dalam rangka perubahan budaya internal yang akhirnya mengarah pada peningkatan kepuasan customer.
Dengan pergantian ini, BNI berusaha mendefinisikan konsep experience the brand sebagai sebuah bisnis layanan (service business). Intinya, BNI ingin fokus pada peningkatan layanan dan kepuasan dari customer.
Lalu, penciptaan memori brand lainnya adalah melalui strategi promosi dan iklan. Strategi ini telah banyak dilakukan oleh hampir semua perusahaan besar. Karena, dengan promosi atau iklan, customer menjadi lebih cepat belajar memahami positioning dan diferensiasi perusahaan Anda.

”Brand Activation”
Selain penerapan visualisasi brand, perusahaan Anda juga perlu melakukan brand activation atau aktivasi brand yang terarah sesuai dengan segmen pasar yang akan dituju. Aktivasi brand ini bertujuan meningkatkan jumlah customer baru yang loyal terhadap perusahaan Anda melalui penciptaan brand yang kuat, tentunya dengan menghadirkan keterlibatan customer.
Untuk mewujudkannya, bisa dilakukan public relation dan penyelenggaraan beragam event yang langsung melibatkan customer. Artinya, ada interaksi dua arah yang intensif antara customer dengan praktisi marketing di perusahaan Anda. Dengan demikian, transfer pengetahuan dan benefit dari perusahaan Anda akan berjalan sangat optimal.
Misalnya, ketika membidik target pasar sektor korporasi. Pada segmen ini, public relation memegang peranan sangat penting dalam mengomunikasikan brand perusahaan Anda secara tepat dan terarah. Bila dilakukan serius dan berhasil, karena sektor korporasi merupakan pasar yang gemuk, pangsa pasar perusahaan Anda bisa meningkat signifikan.
Salah satu contoh aktivitas nyata dari public relation ini adalah membuat komunitas yang berisikan banyak korporasi dengan kapitalisasi besar. Melalui komunitas ini, bisa dilakukan business gathering sebulan sekali yang melibatkan para pengambil keputusan di korporasi tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah membangun sebuah relasi yang mampu mentransfer informasi dan knowledge secara intensif. Pada akhirnya, bisa dihasilkan transaksi-transaksi bisnis yang nyata dan menguntungkan.
Contoh perusahaan yang sukses dan konsisten melakukan public relation adalah BCA. Lihat saja, sudah sejak lama BCA melakukan kegiatan public relation dengan membuat acara di televisi Bahkan, saat ini BCA memiliki dua program di dua stasiun televisi, Gebyar BCA di Indosiar dan Welcome to BCA.
Kedua acara tersebut dimanfaatkan BCA sebagai media komunikasi dan edukasi, sehingga akan tercipta hubungan yang kuat dengan customer-nya. Jadi, wajar saja kalau brand BCA menduduki peringkat pertama awareness (top of mind) dalam jajaran bank di Indonesia.
Selain public relation, perlu juga dilakukan berbagai kegiatan atau event. Misalnya kepada segmen pasar remaja intelektual. Segmen pasar remaja ini, yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan eksekutif muda, merupakan pasar yang cerdas yang mampu mendefinisikan kelebihan-kelebihan perusahaan Anda lebih cepat. Juga, dengan kemampuan intelektualnya, segmen pasar ini akan bisa menjadi influencer atau customer yang mampu mempengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk bisa menjadi customer Anda berikutnya.
Contoh penerapannya adalah dengan mengadakan berbagai macam seminar, pameran, dan workshop di banyak perguruan tinggi, komunitas intelektual, dan pesantren di seluruh daerah di Indonesia.
Strategi sukses mengomunikasikan brand dengan event, misalnya seperti yang baru saja dilakukan Softex. Perusahaan ini melakukan peremajaan brand dengan mengadakan banyak event yang sesuai dengan pangsa pasar yang dituju, yakni anak muda. Kenapa? Karena sebelumnya, di benak customer, brand Softex sangat identik dengan produk yang digunakan oleh segmen pasar orang berusia paruh baya atau tua. Alhasil, seperti yang terjadi sekarang, brand Softex kembali menjadi salah satu penguasa pasar di bisnisnya setelah berhasil meningkatkan pangsa pasar di segmen pasar anak muda.
Nah, berdasarkan deskripsi analisis di atas, brand communication melalui penerapan brand visualitation dan brand activation dapat menciptakan sebuah brand image, brand identity, dan brand integrity yang kuat dalam benak customer.
Dan akhirnya, brand communication juga akan melahirkan banyak customer cerdas yang memahami ketertarikannya dan kesetiaannya terhadap brand perusahaan Anda. Selain itu, pelanggan bisa menjadi customer yang berpengaruh dan menjadi pembela bagi brand perusahaan Anda, yang diistilahkan sebagai advocated customer. n

Dr Asto S Subroto,
Marketing & Research Specialist.

Untuk pertanyaan dan konsultasi,
pembaca dapat mengirimkan email ke
subroto8@rad.net.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Page of my life

Calender of the top event

November 2008
M T W T F S S
    Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Welcome to the Blog Of People whose care about education and lifestyle

My life

Blog Stats

  • 7,669 hits

Top Clicks

  • None

Flickr Photos

Sol Duc Falls

Back to forest

Prairie Falcon 2016

More Photos
%d bloggers like this: